Academic Writing dan Operasional OJS di STIE Perbanas Surabaya


MEPNews.id —Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) STIE Perbanas Surabaya, Senin (21/8) tadi mengadakan workshop on academic writing and OJS Operation. Program ini merupakan aktivitas di PPPM untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan menulis karya ilmiah bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Di samping itu, STIE Perbanas Surabaya mewajibkan dosen untuk senantiasa mengaplikasikan kirim artikel dengan OJS.
Acara dibuka langsung oleh Direktur PPPM, Dr. Rr. Iramani, MM. “Pelatihan ini berguna bagi semua dosen khusus dalam menulis artikel ilmiah yang dikirimkan ke jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional. Itu sebabnya, academic writing ini sangat penting bagi dosen,” Papar Iramani dalam sambutannya. Di samping itu, Iramani menjelaskan juga tentang kewajiban dosen untuk bisa mengoperasikan Open Journal System (OJS).
Untuk materi academic writing, materinya diberikan oleh Dr. Drs. Djuwari, M.Hum. “Penulisan karya ilmiah sangat penting karena dalam prosesnya pertama kali artikel harus diuji keasliannya (originality). Itu sebabnya, penulis dan khususnya editor— yang menyeleksi tulisan dengan alat plagiarism— harus bisa membedakan mana kesamaan bahasa yang njiplak dan mana yang tidak.” Jelas Djuwari pada saat memulai pengantar materinya.
“Academic writing memiliki ciri-ciri khusus dan ciri-ciri bahasa itu mudah dipelajari. Dalam semua tulisan karya ilmiah, kita bisa menemukan kesamaan kalimat atau bahasa, misalnya untuk argument. Bahasa dan vasiasinya, ya itu-itu saja. Jika itu kebetulan sama, itu bukan njiplak. Bahasa argument memang seperti itu jenisnya,” Tegas Djuwari, yang juga editor beberapa jurnal Internasional ini..
Kemudian, khusus OJS dipresentasikan oleh Hariadi Yutanto, S.Kom., M.Kom. Dalam pelatihan OJS ini, dipaparkan prosedur dalam bentuk skema kemudian praktik peran sebagai penulis (author), dan reviewer. “Sebenarnya, ada banyak peran, misalnya, editor, admin, managing editor, penulis, reviewer, dan bahkan editor-in-chief. Namun, pertama kali, kita sebagai dosen, harus tahu dulu mengoperasikan OJS sebagai penulis (author) yang submit artikel.” Papar Pak Antok, nama panggilan Hariadi Yutanto.
Program penulisan dan OJS merupakan program integrated yang tidak bisa dipisahkan. Itu sebabnya, pelatihan model ini merupakan pelatihan satu paket. Tim OJS dalam pelatihan ini adalah para fasilitator, Carolyn Lukita SE., M.Sc. , Larasati Ayu Sekarsari, SE., MM., dan Yunita Setya Tiar, Mereka merupakan satu tim dalam divisi penerbitan Jurnal di PPPM, STIE Perbanas Surabaya. (mep)

sumber : https://mepnews.id/2017/08/21/academic-writing-dan-operasional-ojs-di-stie-perbanas-surabaya/